Marketing merupakan salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam mennciptakan nilai ekonomi, maksudnya marketing sebagai alasana mengapa sebuah bisnis bisa menghasilkan angka penjualan yang sangat tinggi sementara pesaingnya lebih rendah.
Definisi Marketing menurut Para Ahli
- Wiliam J. Stanton
Pemasaran
adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditunjukan
untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan
barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun
pembeli yang potensial.
- PHILIP KOTLER
Marketing adalah suatu fungsi usaha yang menjabarkan kebutuhan
konsumen yang belum terpenuhi pada saat ini dan mengusahakan produk, aktivitas,
dan pelayanan apa yang dapat memenuhi kebutuhan itu.
- JOHN WESTWOOD
Marketing adalah suatu usaha terpadu untuk memenuhi kebutuhan
konsumen secara menguntungkan.
Fungsi Pemasaran
Dengan adanya pemasaran konsumen tidak perlu lagi memenuhi
kebutuhan pribadi secara sendiri-sendiri dengan melakukan pertukaran antara
konsumen dengan pelaku pemasaran sehingga akan ada banyak waktu konsumen untuk
kegiatan yang dikuasai atau disukai.
Fungsi-Fungsi Pemasaran :
1. Fungsi Pertukaran
Dengan pemasaran pembeli dapat
membeli produk dari produsen baik dengan menukar uang dengan produk maupun
pertukaran produk dengan produk (barter) untuk dipakai sendiri atau untuk
dijual kembali.
2. Fungsi Distribusi Fisik
Distribusi fisik suatu produk
dilakukan dengan cara mengangkut serta menyimpan produk. Produk diangkut dari
produsen mendekati kebutuhan konsumen dengan banyak cara baik melalui air,
darat, udara, dsb. Penyimpanan produk mengedepankan menjaga pasokan produk agar
tidak kekurangan saat dibutuhkan.
3. Fungsi Perantara
Untuk menyampaikan produk dari
tangan produsen ke tangan konsumen dapat dilakukan pelalui perantara pemasaran
yang menghubungkan aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik. Aktivitas fungsi
perantara antara lain seperti pengurangan resiko, pembiayaan, pencarian
informasi serta standarisasi / penggolongan produk
Tujuan
Pemasaran
Marketing atau Pemasaran memiliki
tujuan yaitu :
- Konsumen potensial mengetahui secara detail
produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua
permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.
- Perusahaan dapat menjelaskan secara detail
semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini
meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain
produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen,
sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.
- Mengenal dan memahami konsumen sedemikian
rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.
Strategi Pemasaran
Strategi
pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi
pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Sehingga
dalam menjalankan usaha kecil khususnya diperlukan adanya pengembangan melalui
strategi pemasarannya. Karena pada saat kondisi kritis justru usaha kecillah
yang mampu memberikan pertumbuhan terhadap pendapatan masyarakat.
Strategi
pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi
pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan. Hal ini
juga didukung oleh pendapat Swastha “Strategi adalah serangkaian rancangan
besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk
mencapai tujuannya.” Sehingga dalam menjalankan usaha kecil khususnya
diperlukan adanya pengembangan melalui strategi pemasarannya. Karena pada saat
kondisi kritis justru usaha kecillah yang mampu memberikan pertumbuhan terhadap
pendapatan masyarakat.
Pada umumnya kegiatan pemasaran berkaitan
dengan koordinasi beberapa kegiatan bisnis. Strategi
pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut :
- Faktor mikro, yaitu
perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
- Faktor makro, yaitu
demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.
Berikut
ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk pemasaran : Dari sudut
pandang penjual :
- Tempat yang strategis
(place),
- Produk yang bermutu
(product),
- Harga yang kompetitif
(price), dan
- Promosi yang gencar
(promotion).
Dari
sudut pandang konsumen :
- Kebutuhan dan keinginan
konsumen (customer needs and wants),
- Biaya konsumen (cost to the
customer),
- Kenyamanan (convenience),
dan
- Komunikasi
(comunication).
Referensi
http://carapedia.com/pengertian_definisi_marketing_info2051.html
diakses pada 21 September, 2013 pukul 17.07 WIB
http://ichadirsyad.blogspot.com/2012/02/dasar-dasar-marketing.html
diakses pada 21 September 2013 pukul 17.02 WIB
http://majidbsz.wordpress.com/2008/06/30/pengertian-konsep-definisi-pemasaran/
diakses pada 21 September 2013 pukul 17.06 WIB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar