Senin, 02 September 2013

Komunikasi Pemasaran

1. Pengertian  

Komunikasi Pemasaran terdiri dari dua kata yaitu Komunikasi dan Pemasaran. Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak ke pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi di antara keduanya. Sedangkan definisi Pemasaran menurut beberapa ahli adalah:
  • Philip Kolter
      Pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
  • W. Stanton
      Pemasaran adalah system keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditunjukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli.

Melalui komunikasi dalam dunia usaha, perusahaan berusaha memahami konsumen untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen dan memberikan pelayanan terbaik ke konsumen. Komunikasi inilah yang kita kenal sebagai komunikasi pemasaran.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa komunikasi pemasaran adalah cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual agar menarik daya beli dan minat konsumen terhadap produk tersebut.


2. Fungsi dan Tujuan Komunikasi Pemasaran  

Berdasarkan fungsinya, komunikasi pemasaran mempunyai beberapa fungsi, yaitu:
  1. Menyebarkan informasi dari suatu produk (komunikasi informatif) misalnya tentang harga, distribusi, dan lain-lain.
  2.  Mempengaruhi untuk melakukan pembelian atau menarik konsuman pesaing untuk beralih merk (Komunikasi persuasif).
  3. Mengingatkan konsumen untuk melakukan pembelian ulang (Komunikasi mengingatkan kembali).
Respon yang diberikan oleh penerima komunikasi meliputi :
  1.  Efek kognitif untuk membentuk kesadaran tertentu.
  2.  Efek afeksi, memberikan pengaruh untuk melakukan sesuatu, yang diharapkan adalah realisasi pembelian.
  3.  Efek konatif atau perilaku, membentuk audience untuk perilaku selanjutnya. Yang diharapkan adalah pembelian ulang.
Tujuan Komunikasi dan respon audience berkaitan dengan tahap-tahap dalam proses pembelian. Tahap-tahap dalam proses pembelian :
  1. Menyadari (awareness) produk yang ditawarkan.
  2. Menyukai (interest) dan berusaha mengetahui lebih lanjut.
  3. Mencoba (trial) untuk membandingkan denngan harapannya.
  4. Mengambil tindakan (act) membeli atau tidak membeli.
  5. Tindak lanjut (follow- up) membeli kembali atau pindah merk.

3. Bauran Pemasaran  

Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian tumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, saat kita haus, maka kita akan mencari segelas air untuk diminum. Tapi kadang kita mencari segelas air minum dengan merek  Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka kita akan memilih Aqua Botol (air yang memenuhi kebutuhan dahaganya) dan memenuhi keinginannya (dalam kemasan yang mudah dibawa). Keinginan manusia akan produk dan barang atau jasa akan menarik perhatian produsen, sehingga para produsen berlomba-lomba  dalam melakukan pemasaran. Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen ini yang menjadi bauran pemasaran.
Bauran pemasaran adalah empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P, yaitu:
  1.  Product (produk)
  2. Price (harga)
  3. Place(tempat)
  4. Promotion (promosi)
    1. Promotion
   merupakan komunikasi pemasaran untuk mempersuasi atau mempengaruhi konsumen untuk meningkatkan sasaran dan produknya yang ada dipasar agar konsumen dapat menerima, membeli terhadap produk perusahaan.

    2. Product
   sesuatu yang ditawarkan di pasar untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Produk meliputi barang, jasa, pengalaman, events, orang, tempat, kepemilikan, organisasi, informasi, dan lain-lain.
    
    3. Place
     merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan bagi seorang marketing dalam menjalankan usahanya. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi penjualan produk yang akan dijualnya. Dengan menentukan tempat yang strategis akan membantu mebuat produk yang akan dipasarkan memiliki nilai jual yang lebih dari pada produk yang disediakan di tempat yang seadanya.
    
    4. Price
   Jumlah uang yang harus dibayar oleh pelanggan untuk mendapatkan produk (nilai suatu barang yang dinyatakan dengan uang menurut Buchari Alma (2004:169)) Keputusan-keputusan mengenai harga mencakup tingkat harga, potongan harga, keringanan, periode pemasaran, dan rencana iklan yang dibuat oleh produsen.

Metode pemasara 4P dapat berlaku juga untuk pemasaran melalui internet meskipun dalam internet pemasaran dilakukan dengan banyak metode.

Khusus untuk jasa, selain 4P ini, dapatditambahkan 3P, yaitu:
  1. People (Orang)
  2. Physical evidence (bukti fisik)
  3. Process (proses)

4. Strategi Pemasaran  

Strategi Pemasaran merupakan hal yang penting bagi perusahaan karena merupakan salah satu cara untuk mencapai tujuan perusahaan. Strategi pemasaran diperlukan untuk mencegah penurunan jumlah konsumen serta jatuhnya daya saing produk bisnis di pasar. Tanpa adanya strategi pemasaran yang teruji, maka pemasaran akan jatuh. Oleh karena itu, melalui strategi ini sebuah proses pemasaran yang baik dapat dipertahankan,dan juga untuk menarik minat konsumen dengan cara yang unik.

Pada umumnya kegiatan pemasaran berkaitan dengan koordinasi beberapa kegiatan bisnis. Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sbb:
  1. Faktor Mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat.
  2. Faktor Makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik, dan sosial/budaya.
Strategi pemasaran mengacu pada rencana perusahaan yang mengalokasikan sumber daya dalam rangka menghasilkan keuntungan dengan memposisikan produk atau jasa dan menargetkan pada kelompok konsumen spesifik.Dalam arti luas, Strategi pemasaran terdiri dari tujuan, strategi, dan taktik.
  1. Tujuan merupakan tujuan pemasaran yang dicari dan ditetapkan.
  2. Strategi merupakan sarana untuk mencapai tujuan.
  3. Taktik merupakan tindakan yang harus dilakukan.

Referensi : 

http://hilwanisari.wordpress.com/2011/12/21/komunikasi-pemasaran/ diakses pada 2 September 2013 pukul 22.35 wib
http://syukronali.wordpress.com/2010/05/dasar-dasar-pemasaran.ppt diakses pada 2 September 2013 pukul 08.35 wib
Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar