Rabu, 27 November 2013

Perbedaan Corporate Identity dengan Brand

 Corporate Identity  
Corporate Indentity atau Identitas Perusahaan adalah suatu bentuk visual yang akan menjadi identitas perusahaan itu. Corporate Identity lebih kea rah aplikasi tampilan perusahaan tersebut, yaitu seperti Logo, Satationary, Print Ads (flyer, brosur, dll), Desain pakaian (penggunaan baju yang berbau nama perusahaan oleh karyawan tersebut), bentuk komunikasi lain (norma, sikap, dll). Dan segala sesuatu yang terlihat, yang mempresentasikan bisnis itu sendiri.
Warna-warna, fonts, layout, atau sebuah gaya yang khas bisa membentuk identitas perusahaan. Seperti sebuah set of style yang orang-orang akan “ngeh” setiap kali mereka melihat beberapa element dari identitas perusahaan.
Tampilan dari corporate identity juga harus unik agar tampak menonjol atau berbeda dari preusan lain dan juga agar masyarakat langsung “ngeh” pada saat melihat  identitas perusahaan itu.
contohnya:




 Brand  
Brand merupakan alat identitas bagi penjual atau produsen, bisa berupa nama, logo, trademark, bentuk, iklan, slogan, maupun penggunaan kombinasi warna.
Brand merupakan gambaran sebuha perusahaan. Menggambarkan apakah reputasi perusahaan itu dihormati oleh masyarakat dan membangun kepercayaan kepada produk perusahaan tersebut.
Kita ambil contoh, Starbucks. Begitu mendengar nama itu, hal apa yang lantas terbayang dalam benak kita? Kopi, hijau, ramah lingkungan, modern, casual, mahal, berkelas? Itulah identitas yang disematkan pada Starbucks.


Nah, ini lah yang disebut dengan “The Power of Branding”. Banyak hal yang bisa di-”branding”-kan bahkan termasuk Lady Gaga, Apple, Manchester United, tempat-tempat, dan lain-lain.


Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar