Corporate Identity
Corporate Indentity atau
Identitas Perusahaan adalah suatu bentuk visual yang akan menjadi identitas
perusahaan itu. Corporate Identity lebih kea rah aplikasi tampilan perusahaan
tersebut, yaitu seperti Logo, Satationary, Print Ads (flyer, brosur, dll),
Desain pakaian (penggunaan baju yang berbau nama perusahaan oleh karyawan
tersebut), bentuk komunikasi lain (norma, sikap, dll). Dan segala sesuatu yang
terlihat, yang mempresentasikan bisnis itu sendiri.
Warna-warna, fonts, layout, atau
sebuah gaya
yang khas bisa membentuk identitas perusahaan. Seperti sebuah set of
style yang orang-orang akan “ngeh” setiap kali mereka melihat beberapa
element dari identitas perusahaan.
Tampilan dari corporate identity
juga harus unik agar tampak menonjol atau berbeda dari preusan lain dan juga
agar masyarakat langsung “ngeh” pada saat melihat identitas perusahaan itu.
contohnya:
Brand
Brand merupakan alat identitas
bagi penjual atau produsen, bisa berupa nama, logo, trademark, bentuk, iklan,
slogan, maupun penggunaan kombinasi warna.
Brand merupakan gambaran sebuha
perusahaan. Menggambarkan apakah reputasi perusahaan itu dihormati oleh
masyarakat dan membangun kepercayaan kepada produk perusahaan tersebut.
Kita ambil contoh, Starbucks.
Begitu mendengar nama itu, hal apa yang lantas terbayang dalam benak kita?
Kopi, hijau, ramah lingkungan, modern, casual, mahal, berkelas? Itulah
identitas yang disematkan pada Starbucks.
Nah, ini lah yang disebut dengan
“The Power of Branding”. Banyak hal yang bisa di-”branding”-kan bahkan termasuk
Lady Gaga, Apple, Manchester United, tempat-tempat, dan lain-lain.
Sumber:
http://desainlogodesign.com/paket-design-corporate-identity/perbedaan-corporate-image-dengan-corporate-identity
diakses tanggal 26 November 2013 pukul 23.00 wib
http://dartscreativeid.wordpress.com/2012/08/07/difference-between-brand-corporate-identity-and-logo-via-sureewong-mun/
diakses tanggal 26 November 2013 pukul 22.50 wib
Tidak ada komentar:
Posting Komentar